BisnisKabupaten SukabumiPertanian

Harga Cengkeh Anjlok, Petani Pasrah

Sukabuminow.com II Pundi-pundi rupiah akan terkumpul. Saat musim panen cengkeh tiba. Tak jarang. Para petani akan meraup untung besar jika memasuki masa panen cengkeh. Mengingat harga cengkeh yang cukup mahal.

Namun berbeda dengan kali ini. Harga cengkeh anjlok. Tak sesuai harapan petani. Cengkeh basah hanya diterima tengkulak di kisaran Rp17 ribu hingga Rp20 ribu saja. Padahal biasanya lebih dari itu.

“Panen kali ini kami kurang beruntung. Tidak sesuai harapan. Selain itu juga. Banyak pohon yang mati,” tutur Madsuni. Petani cengkeh asal Desa Wanajaya. Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Rabu (19/6/19).

Baca Juga :

Madsuni menjelaskan. Tak hanya harga cengkeh basah. Cengkeh kering juga anjlok di pasaran. Saat ini. Harga cengkeh kering hanya diterima Rp60 ribu hingga Rp65 ribu per kilogram.

“Kami pasrah saja. Hanya berharap. Harga cengkeh segera kembali seperti semula,” harapnya.

KEPALA Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi : Sudrajat (kiri). Dalam acara halal bihalal Dinas Pertanian. Foto : Sukabuminow

Di hubungi terpisah. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi : Sudrajat. Mengatakan anjloknya harga cengkeh. Dipengaruhi oleh panen serentak dimana-mana.

“Di beberapa pulau-pulau besar. Seperti Sumatera. Kalimantan. Dan Sulawesi. Saat ini sedang panen raya juga. Itu memengaruhi harga cengkeh,” terangnya kepada Sukabuminow. Rabu (19/6/19).

Sudrajat menyarankan. Agar para petani cengkeh di Kabupaten Sukabumi. Tidak langsung menjual seluruh cengkeh hasil panen. Sebab ia meyakini. Harga cengkeh akan kembali normal. Saat musim panen raya selesai.

“Saya berharap. Para petani cengkeh bisa menahan dulu hasil panennya. Keringkan dan simpan dulu. Baru nanti jual setelah harganya tinggi lagi,” tandasnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Inline
Inline