Kabupaten Sukabumi

Hantam Hoaks, Diskominfo Jabar Gaungkan Gerakan Saber Hoaks

Sukabuminow.com || Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, telah membentuk tim khusus untuk menangkal berita bohong atau hoaks di media sosial. Tim yang dimaksud yakni Jabar Saber Hoaks.

Tim dibawah kendali Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Jawa Barat itu, selanjutnya berkeliling Jawa Barat untuk menyosialisasikan program Gerakan Saber Hoaks tersebut.

Kabupaten Sukabumi, menjadi daerah pertama yang disambangi tim tersebut. Kamis (21/2/19), sosialisasi Gerakan Saber Hoaks digelar di Aula Setda (Sekretariat Daerah) Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu dan diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta perangkat daerah.

“Jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 143 juta. Saat ini, pengguna internet usia dini atau generasi millenial. Situasi itu sangat rawan dengan racun hoaks dan harus diatasi,” ungkap Dedi Dharmawan selaku Kabid IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Diskominfo Jawa Barat dalam paparannya.

Baca Juga :

Tim Jabar Saber Hoaks, lanjut Dedi, bertugas memerangi dan membersihkan berbagai macam hoaks di internet dalam hal ini di Medsos (Media Sosial) khususnya di Jawa Barat.

“Anggota tim Jabar Saber Hoaks berjumlah 12 orang. Mereka berasal dari non PNS yang dipilih melalui seleksi,” jelasnya.

“Tim ini yang siap melawan hoaks dan melayani berbagai pertanyaan masyarakat terkait kebenaran suatu berita melalui akun Medsos yang dikelola tim. Mereka juga memberikan berbagai konten positif dan edukatif terkait hoaks di Medsos dalam upaya memerangi hoaks itu,” tegasnya.

Jika menemukan informasi atau berita yang meragukan, masyarakat dapat menanyakan langsung ke akun yang dikelola Tim Jabar Saber Hoaks. Di antaranya melalui e-mail di admin@jabarsaberhoaks.id;
Facebook dengan nama official.jabarsaberhoaks; twitter @jabarsaberhoaks; instagram @jabarsaberhoaks; dan line @jabarsaberhoaks. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close