AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Entaskan Stunting, Pemkab Sukabumi Gandeng ‘Emak-emak’ Pengajian

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk melawan stunting. Terbaru, orientasi pemberdayaan masyarakat dalam percepatan pencegahan dan penurunan stunting digelar di wilayah Kecamatan Kadudampit, Sabtu (18/9/21).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, yang hadir dalam pembukaan kegiatan yang diinisiasi pengajian Al-Hidayah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI tersebut mengatakan, selain Covid-19, penanganan stunting juga menjadi fokus Pemkab Sukabumi.

“Semua anak bangsa harus sehat. Mereka menjadi penerus estafet kepemimpinan. Makanya gizinya harus terpenuhi. Itu juga menjadi konsen kami dalam penanganan stunting,” terang Marwan.

Dalam kegiatan yang melibatkan ibu-ibu pengajian itu, Marwan menjelaskan, selain Dinas Kesehatan yang menjadi leading sector penanganan stunting, perang daerah lainnya juga dipastikan terlibat, salah satunya Dinas Pertanian.

“Dinas Pertanian mengembangkan beras yang nantinya akan dikhususkan pengisap untuk stunting. Ada demplot (demontration plot) sekitar 200 hektare untuk pengembangan beras ini. Selain itu ada juga program dokter masuk kampung. Semua kami upayakan agar kasus stunting di Kabupaten Sukabumi teratasi,” bebernya.

Terkait orientasi itu, Marwan berharap, ilmu yang didapat dapat dijadikan pegangan para peserta untuk sosialisasi ke masyarakat.

“Proses sosialisasi menurut bisa lebih terbantu oleh ibu-ibu pengajian ini. Sehingga bisa terjadi percepatan penurunan stunting. Salah satu ikhtiarnya lewat sosialisasi ini,” terangnya.

Di tempat sama, Ketua DPD Al-Hidayah Sukabumi, Yani Jatnika Marwan mengatakan, orientasi pemberdayaan masyarakat dalam percepatan pencegahan dan penurunan stunting digelar hingga Minggu, 19 September 2021 esok.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas keinginan pimpinan pusat pengajian Al-Hidayah. Tujuannya agar semua komponen di bawah melaksanakan percepatan penanganan stunting,” bebernya.

“Kita semua berkeinginan stunting hilang. Di sini, Al-Hidayah membantu untuk mengajak masyarakat memperhatikan asupan gizi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close