Kabupaten SukabumiPertanian

Durian Cimanggu Siap Unjuk Gigi Dalam Festival 2019

ads

Sukabuminow.com || Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, siap menggelar Festival Durian ke-2 Tahun 2019, Kamis (17/1/19) lusa di lapangan SD PGRI Sindangpalay Cikeong, Cimanggu.

Acep Purkalih, Kepala Desa Cimanggu, mengatakan Festival Durian tersebut merupakan inisiatif dari 5 Poktan (Kelompok Tani) di desanya.

“Mereka (Poktan) sangat antusias untuk menggelar kegiatan ini. Saat ini, persiapan sudah mencapai angka 85 persen,” tutur Acep saat ditemui di kediamannya, Selasa (15/1/19).

Sejauh ini, lanjutnya, jumlah peserta Festival Durian ke-2 Tahun 2019 baru mencapai 25 peserta yang memiliki pohon durian sendiri. Masing-masing peserta siap mementaskan 3 hingga 4 jenis durian unggulan.

“Pendaftaran masih kami buka hingga hari H. Peserta dari luar Desa Cimanggu juga ada. Tapi tidak dinilai, hanya ikut pameran saja,” paparnya.

Baca Juga  :

Hamdillah, Ketua Panitia Kegiatan, menegaskan pihaknya mendatangkan dewan juri dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi, dan Kecamatan Palabuhanratu.

“Yang nantinya akan dinilai itu ketebalan daging buah, citarasa, penampilan, dan warna. Nantinya akan dipilih juara 1 hingga harapan 3,” terangnya.

Di tempat sama, Ajat Sudrajat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melalui Deni Ruslan, Kepala Seksi Hortikultura, mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Ini kolaborasi yang selaras antara masyarakat dengan Pemkab Sukabumi dalam memasarkan komoditas hortikultura di Kabupaten Sukabumi. Promosi komoditi durian Cimanggu juga memiliki potensi yang sangat menjanjikan,” tandasnya. (Asdut)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close