Kabupaten SukabumiSosial

Cegah Banjir, TNI Eliminasi Sampah Sungai Cipalabuan

Sukabuminow.com || Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi ikut membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan untuk mengantisipasi banjir dan longsor di musim penghujan ini.

Satu tindakan nyata yakni dengan melakukan eliminasi atau pembersihan sampah Sungai Cipalabuan, Sabtu (2/12/23). Dari titik tersebut, banjir kerap melanda Dermaga Palabuhanratu akibat luapan air sungai Cipalabuan.

Baca Juga :

“Ini upaya preventif dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor seiring dengan datang dan tingginya intensitas hujan pada periode Desember 2023 sampai dengan Februari 2024,” terang Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo.

Ia mengatakan, pembersihan sampah juga dilakukan di area dermaga dan pasar. Sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke sungai.

“Saat ini kepedulian warga terhadap bahaya sampah masih minim. Ini terbukti saat kami memungut sampah di sepanjang parit, masih banyak jenis sampah plastik yang diduga dibuang,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah Palabuhanratu, tapi di setiap Koramil di wilayah teritorial Kodim 0622. Pihaknya juga menanam pohon di lahan kritis untuk mencegah longsor.

“Peduli dengan lingkungan berati kita sudah peduli dengan keturunan kita di masa depan. Apa yang sudah kita perbuat akan menjadi catatan amal dan kebaikan yang akan dibalas kebaikan pula kemudian hari oleh Tuhan. Sayangi diri kita, sayangi lingkungan kita,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button