Kabupaten Sukabumi

Anak SMP Diamankan Saat Penggrebekan Tambang Emas Ilegal

Sukabuminow.com || Penggrebekan tambang emas ilegal di Blok Cibuluh, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (1/6/23) kemarin, menyebabkan sejumlah orang yang diduga gurandil atau penambang liar ditangkap polisi. Yang menghebohkan, terdapat pelajar SMP di antara sejumlah orang tersebut.

Aben (32 th), ayah dari pelajar yang diamankan itu mengatakan, kedua puteranya pamit dengan tujuan untuk ikut bekerja di lokasi tambang. Hal itu dilakukan guna membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

“Anak saya masih sekolah baru kelas III SMP. Saya sudah cegah (tapi) masih ngenyel. Dikarenakan mau samenan, gak punya duit. Katanya mau ikut ngonek sama teman-teman. Ternyata habis itu di lokasi kena razia terbawa razia katanya, iya terbawa razia,” terangnya, Jumat (2/6/23).

Aben mengaku mendapat kabar kedua puteranya terjaring penggrebekan dari rekan anaknya. Kedua putera Aben diamankan pihak berwajib bersama dua rekannya di tambang yang berjarak sekitar 10 kilometer dari kediamannya tersebut.

“Katanya dibawa ke Polres (Sukabumi). Dua anak saya, dua lagi anak teman saya. Jadi ada empat orang,” bebernya.

Ia menjelaskan, sebelumnya kedua puteranya tidak pernah ikut melakukan pekerjaan tersebut. Namun faktor kesulitan ekonomi yang menimpa keluarganya akhir-akhir ini menjadi motif kedua anaknya nekat ngonek.

“Dia kan mau samen, gak punya duit. Ngelihat teman-temannya pada ngonek terpaksa dia ikut,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button